Selamat Datang
di Blog Kami

Sabtu, 21 Januari 2012

Hamas Mengumumkan Gencatan Genjata Setelah Israel Menyatakan Gencatan Senjata

0 komentar

Gaza, 18 Januari (Reuters) - Hamas mengatakan pada hari Minggu ini akan segera menghentikan penyerangan bersama dengan kelompok militan di Jalur Gaza dan memberikan waktu Israel, yang sudah dinyatakan sepihak gencatan senjata, satu minggu untuk menarik pasukan nya dari wilayah.

Juru bicara untuk Perdana Menteri Israel Ehud Olmert mengatakan sebelumnya bahwa jika gencatan senjata yang diadakan di daerah pemerintahan Hamas, Israel bisa memulai proses penarikan pasukannya.

"Hamas dan kelompok yang mengumumkan gencatan senjata di Gaza dan segera mulai memberikan Israel satu minggu untuk menarik," kata Ayman Taha, seorang pejabat Hamas di Kairo untuk berbicara dengan Mesir pada truce deal.

Kelompok Islam yang sebelumnya mengatakan ia tidak akan menghentikan serangannya jika tentara Israel masih di Jalur Gaza.

Taha mengatakan Hamas telah menuntut pembukaan semua perbatasan Gaza sebagai jalan masuknya "semua bahan-bahan makanan, dan barang kebutuhan dasar". Israel merapatkan bolakadenya dari Jalur Gaza setelah Hamas menangkap wilayah dari pasukan yang setia kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada 2007.

Hanya hari sebelumnya, militan Palestina di Jalur Gaza menembakkan roketke selatan Israel dalam bantahan sepihak dari gencatan senjata yang dinyatakan Olmert terlambat pada hari Sabtu dan pergi yang berlaku pada jam 2 (00:00 GMT) pada hari Minggu.

Olmert mengatakan Israel tidak akan pasukannya kembali sampai pasukan Hamas sepenuhnya tidak menyerang dan ia terancam dengan militer akan sangat merespon kepada serangan pada prajurit atau lintas-batas roket.

Pemimpin dari Inggris, Mesir, Perancis, Jerman, Italia dan Turki dan Sekretaris Jendral PBB Ban Ki-moon bertemu di Mesir resor Laut Merah di Sharm el-Sheikh pada jam itu untuk mengkoordinasikan kebijakan pada konflik Israel-Palestina.

"Israel harus membolehkan akses penuh untuk pekerja kemanusiaan, dan bantuan perlengkapan," Perdana Menteri Inggris Gordon Brown mengatakan kepada wartawan pada pertemuan puncak. "Kami juga harus mengakhiri isolasi ekonomi Gaza dengan membuka kembali perlintasan yang menghubungkan ke dunia luar."

Mesir mengatakan akan mencoba untuk mengumpulkan membantu menghidupkan menyatakan gencatan senjata Israel menjadi kesepakatan bersama yang mengarah ke penarikan Israel dari Jalur Gaza.

Selama 22 hari, serangan Israel menewaskan lebih dari 1300 Palestina, termasuk 700 warga sipil, kata pejabat medis Gaza. Israel mengatakan ratusan penembek jitu adalah di antara orang mati. Sepuluh tentara Israel dibunuh serta tiga warga sipil Israel terkena roket.

ROKET

Beberapa jam setalah gencatan senjata yang dimulai Israel, lima militan Gaza menembakkan roket ke kota Sderot Israel, tidak ada korban, seorang juru bicara militer Israel mengatakan. Pada sore hari, sembilan roket lain menghantam Israel, kata polisi.

Dalam laporan pertama kematian sejak gencatan senjata dimulai, seorang Palestina telah dibunuh oleh pasukan Israel di dekat kota Khan Younis setelah bom mortir ditembakkan di daerah itu, kata pekerja medis. Mereka diidentifikasi sebagai orang sipil.

Olmert mengatakan Israel operasi, diluncurkan dengan tujuan untuk menyatakan berakhir lintas perbatasan serangan roket yang menewaskan 18 orang di Israel selama delapan tahun sebelumnya, telah tercapai semua tujuan.

Olmert dikutip internasional didukung kesepahaman dengan Mesir, tetangga Gaza bagian selatan, dalam mencegah Hamas penyelundupan dari rearming melalui terowongan sebagai alasan dibalik keputusan Israel untuk menghentikan serangan-nya.

Kiri yang berubah-ubah akan menjadi masalah di jantung konflik - blokade Israel dari Jalur Gaza. Hamas, walaupun hit keras oleh udara dan tanah promosi, de facto tetap menjadi kekuatan dalam daerah kantong pantai.

Tanpa dengan Hamas, diplomat mengatakan mereka takut akan membiarkan Israel hanya menitis barang ke Gaza, hampering rekonstruksi dan menciptakan lebih banyak kesulitan bagi masyarakat.

Olmert, berbicara tentang Minggu dari serangan roket, yang berkata kepada kabinet Israel telah reassessing dengan gencatan senjata dan pasukan yang terus "siap untuk bertindak di wilayah" jika "pelanggaran seperti yang terjadi pagi ini terus".

Beberapa jam setelah gencatan senjata dimulai, tentara Israel dipindahkan dari Beit Lahiya, wilayah militan telah digunakan sebagai tanah untuk meluncurkan lintas batas serangan roket.

Ambulans Palestina mengangkut lebih dari 95 orang, sebagian besar dari mereka penembak, yang berada di puing bangunan di sekitar daerah Beit Lahiya, polisi Hamas dan pejabat kesehatan mengatakan.

Warga yang meninggalkan rumah selama peperangan berlangsung pun kembali untuk memastikan apakah rumah mereka masih atau tidak. Anak-anak dipilih melalui puing untuk menemukan tas sekolah dan buku-buku robek.

Sebuah kolom dari tank dan tentara Israel, Israel menahan beberapa bendera, diri dari Jalur Gaza yang tentara sebut "istirahat dan relaksasi".

Tetapi beberapa dari tank membentuk posisi 100 meter di Gaza, sementara yang lain tetap digunakan pada di sisi timur kota Gaza.

(Reuters)

0 komentar:

Posting Komentar